Rabu, 24 Maret 2010

TANAMAN OBAT LIDAH BUAYA ( Aloe spec )


"Tanaman Obat" Lidah buaya adalah tanaman yang tergolong dapat dimanfaatkan untuk banyak hal, tanaman ini tidak hanya sekedar untuk penghias halaman tapi dapat pula dipakai sebagai obat. "Tanaman Obat" lidah buaya ini dapat dipakai sebagai kompres, dengan memanfaatkan daunnya yang dingin dapat menyejukan kepala atau bagian tubuh lainnya yang terserang deman. Caranya potonglah dan ambil daging lalu tempelkan pada bagian tubuh yang padas biasanya untuk anak-anak di tempelkan pada bagian atas kepala. Atau tempelkan pada bagian tubuh yang terkena luka bakar.

Tumbuhan ini dapat juga dipakai sebagai obat paru-paru pada tingkat stadium awal caranya adalah : Kupaslah daun lidah buaya, empelurnya potong kecil-kecil campur dengan sirop yang manis dan air mawar. "Tanaman Obat" Lidah buaya dapat juga untuk mengobati penyakit kencing nanah, pencuci rambut pemanfaatan dari getah lidah buaya yang sangat baik untuk perawatan rambut.

Ciri-ciri "Tanaman Obat" lidah buaya adalah sebagai berikut:
Tanaman ini tergolong sebagai tanaman perdu basah, dapat tumbuh di tempat panas, daunnya bergerigi, batang tempat bertumpu daun-daunnya tidak besar, bengkok dan terbaring.
( Refferensi dari buku Tanaman Obat-obatan milik Departemen P & K )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar