Sabtu, 27 Maret 2010

"TANAMAN OBAT " KELOR ( Moringa oleifera )

Tanaman obat jenis ini sering dijumpai di kampung-kampung ataupun di desa-desa, tidak jarang masyarakat yang menanam tanaman kelor. Dan biasanya tanaman ini tumbuh dengan baik di dataran rendah hingga ke daerah-daerah yang berketinggian sampai 300 meter di atas permukaan laut. Biasanya tanaman ini untuk pagar kebun.

Manfaat Tanaman Obat Kelor adalah:
Akar kelor mengandung minyak terbang yang berbau tak sedap. Khasiatnya untuk mengobati sakit tulang dan Ayan. Akar tersebut dicuci sampai bersih, kemudian direbus dan setelah dingin barulah diminum. Selain itu bila dicampur dengan daunnya bermanfaat untuk memperlancar air seni.

Ciri-ciri Tanaman Obat Kelor:
Daunnya berbentuk bujur telur, bersirip tidak sempurna dan berkhasiat untuk mengobati penyakit kurap. Bunganya berwarna putih dan berdaun bunga besar. Biji pohon kelor enak dimakan karena mengandung minyak behen.

Bahwa Tanaman Obat Kelor ini banyak manfaatnya karena seluruh yang ada pada tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai obat. Maka marilah kita budidayakan tanaman obat kelor ini guna memperingan pengeluaran kita untuk biaya berobat.

( Refferensi dari Buku Tanaman Obat-obatan milik Departemen P & K )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar