Rabu, 24 Maret 2010

TANAMAN OBAT KUMIS KUCING (Orthosiphon spiatus)

"Tanaman Obat" kumis kucing sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, karena tanaman ini mudah dijumpai di halaman, kebun-kebun, dan di hutan-hutan. Tanaman ini oleh masyarakat sering diabaikan dan tidak diperhatikan, karena tanaman ini bagi masyarakat kelihatan kurang menarik untuk di tanam di halaman rumahnya. Tanaman obat kumis kucing justru mempunyai khasiat yang sangat besar bagi dunia kesehatan terutama dunia obat-obat tradisional.

Tanaman obat kumis kucing mempunyai rasa agak asin kepahit-pahitan dan tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit kencing batu, kencing darah, dan memperlancar air kemih.

Ciri-ciri"Tanaman Obat" kumis kucing adalah batangnya lurus-lurus, tinggi dapat mencapai 1,5 meter, daunnya berbentuk telur taji, bergerigi besar, benang sari menjulur tampak seperti kumis kucing.

Pemanfaatan " Tanaman Obat" kumis kucing adalah sebagai berikut :
Godoklah daun kumis kucing ini dengan dicampur daun meniran dan buah jagung muda. Air rebusannya dapat diminum sebagai obat. ( Refferensi dari Buku Tanaman Obat-obatan milik Departemen P & K )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar