Sabtu, 27 Maret 2010

""TANAMAN OBAT " CALINCING ( Oxalis barrelieri )

Tanaman Calincing adalah tanaman yang berasal dari Amerika Selatan jadi bukan tanaman asli dari Indonesia. Tanaman Calincing ini tumbuh di kerimbunan semak-semak yang terlindung dari sinar matahari, di tegalan, kebun, sepanjang tembok dan pagar, pada tanggul kecil dan jalan setapak di hutan. Banyak terdapat di daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Tanaman ini tumbuhj di dataran rendah sampai ketinggian 1.300 m. di atas permukaan laut.

Ciri-ciri tanaman Calincing:
Tanaman Calincing termasuk tumbuhan rendah, tingginya mencapai 10 hingga 50 cm. Daunnya seperti semanggi, berbentuk bujur telur, tumbuh bertiga dalam satu tangkai di ujung. Tangkai batangnya bertingkat, bunganya dalam payung tunggal di ketiak dengan 2 sampai 8 bunga, daun mahkota kuning dengan pangkal hijau, panjang 3 sampai 8 mm. Benang sari di depan daun mahkota lebih pendek dari pada yang lima lainnya. Tankai putik berambut. Bentuk buahnya seperti belimbing manis besarnya sekitar 8 hingga 10 mm, rasanya masam.

Manfaat tanaman calincing adalah untuk mencegah seseorang keracunan, caranya kita ambil daun calincing, lalu cairannya dikeluarkan. Cairan yang rasanya masam ini kita campurkan pada adonan tempe sewaktu sedang dibuat. Cairan calincing tersebut dapat memberantas kuman yan mengganggu pertumbuhan jamur pada tempe.



( Refferensi dari Buku Tanaman Obat-obatan milik Departemen P & K )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar