Jumat, 26 Maret 2010

"TANAMAN OBAT" KETEPENG ( Cassia alata )

Barang kali nama tanaman ini agak asing bagi telinga orang kota. Tetapi bagi mereka yang tinggal di pedesaan, ketepeng akan dicari-cari meski jauh dari pegunungan. Apalagi bagi orang yang tinggal jauh dari dokter dan rumah sakit. Atau mereka yang lebih senang mempergunakan obat-obatan kampung, akan berikhtiar menemukan ketepeng bila menderita penyakit kudis. Meski obat-obatan masa kini sudah banyak dan mudah diperoleh, namun tidak ada salahnya kita mengenal obat-obatan tradisional, siapa tahu suatu ketika kita memerlukan.

Salah satu di antaranya adalah ketepeng. Atau biasa pula disebut gelenggang, daun kupang, daun kurap, ki manita, acon-aconan dan dalam bahasa latinnya Cassia alata. Cukup banyak juga nama-namanya yang dikenal orang di tanah air kita.

Pohon ketepeng merupakan tanaman perdu yakni tanaman yang tumbuh berkelompok, seperti hanya bambu, talas, tebu dan sebagainya. Pohonnya dapat mencapai ketinggian 3 meter. Daunnya bersirip dengan demikian pada daun tersebut terdapat anak daun. Letak anak daun ini berhadap-hadapan bila malam tiba anak-anak daun itu melekap satu sama lain.

Bunga ketepeng mempunyai bentuk dan warna yang menarik yaitu kuning bagai emas. Lebak daun bunganya teratur, bertumpu pada badannya yang panjang. Akan tetapi hati-hatilah terhadap ujung bunga yang berbentuk seperti kopiah itu. Semut gemar sekali bersarang di situ, sengging kalau kita lengah kita dapat dikerumuni semut.

Ketepeng tumbuh secara liar. Biasanya kita jumpai dei padang-padang penggembelaan atau di tempat-tempat pemakaman, ketepeng dapat tumbuh di dataran rendah hingga ke daerah pegunungan yang berketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut.

Yang digunakan sebagai obat dari tumbuhan ini adalah daunnya. Caranya bermacam-macam, boleh ditumbuk atau digiling halus lalu letakan di atas kulit yang sakit dan kemudidan dibalut dengan kain yang bersih yang steril. Atau seduhlah daun itu dengan air panas. Jika sudah hangat ulaskan pada bagian kulit yang sakit. Bisa juga daun ketepeng itu kita gosok-gosokan saja, tidak usah direbus atau digiling. Tetapi ini tentu diandalkan untu melawan penyakit kulit. Hanya ada satu kelemahan itupun kalau boleh disebut kelemahan yakni daun ini baunya tidak sedap. Ketepeng berasal dari Amerika.

( Refferensi dari buku Tanaman obat-obatan milik Departemen P & K )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar