Selasa, 23 Maret 2010

MACAM-MACAM TANAMAN OBAT

Macam-macam tanaman obat telah tumbuh di sekitar alam kita, sesungguhnya bahwa tanaman obat ini telah dimanfaatkan oleh para leluhur kita di waktu sebelum adanya perkembangan technologi. Nenek moyang kita telah memanfaatkan tanaman obat ini untuk berbagai penyembuhan, dan ternyata bahwa tanaman obat ini banyak membantu mereka untuk dapat bertahan hidup.

Seiring perkembangan zaman dan kemajuan technologi tanaman obat ini mulai ditinggalkan, karena anggapan mereka tidak efective dalam menyembuhkan penyakit yang dideritanya, banyak bermunculan rumah sakit, klinik, dan tempat berobat. Tentu saja untuk mendatangi rumah sakit, klinik, tempat berobat memerlukan biaya yang tidak sedikit.Anggapan tidak efective ini yang perlu ditingggalkan dari pemikiran kita. Kita bayangkan saja bila sekali berkunjung ke Rumah Sakit kita harus mengeluarkan uang tidak kurang dari Rp.100.000,-- bahkan kalau kita menginginkan diperiksa oleh dokter spesialis wah jangan tanya lagi. Kita kalau punya uang berapapun besarnya tidak menjadi masalah asalkan penyakitnya sembuh. Tapi kalau tidak punya duit akan pusing tujuh keliling.

Perkembangan zaman memang tidak dapat dihindari, apalagi kondisi perekonomian yang menganut pasar bebas, bertambahlah persaingan ketat untuk saling mendirikan Rumah Sakit, Klinik.

Maka mari kita bersama menggali manfaat dari tanaman obat yang ada di sekeliling kita, coba kita cermati kegunaannya, kita amati manfaatnya. Dapatkah tanaman obat itu memberikan manfaat yang besar bagi kita, dapatkah tanaman obat itu membantu kita dalam penyembuhan penyakit-penyakit yang kita derita. Tentu saja harus memakai penelitian terlebih dahulu, tapi jangan khawatir masih banyak cara untuk mendapatkan informasi tanaman obat yang harus kita manfaatkan, seperti nasehat dari para orang tua kita yang mengetahui berdasarkan pengalaman mereka dalam mengkonsumsi tanaman obat. Disamping itu banyak juga buku-buku yang mengulas mengenai tanaman obat seperti buku Flora Indonesia Tanaman Obat-Obatan milik Departemen P & K dan masih banyak lagi buku-buku terbitan baru dengan macam-macam tanaman obat.

Ada pepatah bahwa sehat itu mahal, memang kalau kita ingin hidup sehat tentu saja banyak syarat-syarat yang harus dipenuhi guna menunjang pertumbuhan badan yang menjadi sehat, contohnya: makan dengan pola menu empat sehat lima sempurna. Untuk dapat memenuhi pola makan itu saja biayanya tidak sedikit. Maksud dari Tanaman Obat ini, kita berusaha dengan biaya murah tapi sehat. Saya percaya bahwa penyembuhan suatu penyakit itu tidak hanya tergantung dari obat yang dikonsumsi saja tapi harus diimbangi dengan keyakinan seseorang untuk dapat sembuh. Karena manusia sebenarnya dapat mengobati dengan memanfaatkan dirinya sendiri, yaitu dengan menumbuhkan keyakinan sembuh dalam dirinya. Untuk itu mari kita belajar bersama mengenai Tanaman obat yang ada di sekitar kita.

Macam-Macam Tanaman Obat versi Flora Indonesia "Tanaman Obat-obatan" milih Departement P & K
1. Tanaman Obat Kumis Kucing
2. Tanaman Obat Lidah Buaya
3. Tanaman Obat Ketepeng
4. Tanaman Obat Keji Beling
5. Tanaman Obat Kelor
6. Tanaman Obat Calincing
7. Tanaman Obat Pule Pandak
8. Tanaman Obat Orang aring
9. Tanaman Obat Bangle
10. Tanaman Obat Brotowali
11. Tanaman Obat Kunyit
12. Tanaman Obat Temulawak
13. Tanaman Obat Kencur
14. Tanaman Obat Jahe
15. Tanaman Obat Sembung
16. Tanaman Obat Saga
17. Tanaman Obat Tuba
18. Tanaman Obat Kapulaga
19. Tanaman Obat Kapol Putih
20. Tanaman Obat Irut
21. Tanaman Obat Bandotan
22. Tanaman Obat Selasih
23. Tanaman Obat Cerakin
24. Tanaman Obat Sambiloto
25. Tanaman Obat Tempuyung
26. Tanaman Obat Kecubung
27. Tanaman Obat Karamunting
28. Tanaman Obat Adas Niger

Demikian tanaman obat yang diunduh dari buku Flora Indonesia Tanaman Obat-obatan Milik Departemen P & K.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar